Kalender angka tahun 2012 baru saja habis. Dan kini tahun 2013 masih seumur jagung. Meski penanggalan hanyalah penanda dari berlalunya waktu, toh sangat layak bila kita mengisinya dengan harapan-harapan baru yang membangkitkan gairah hidup kita.

Yup! marilah bersama kita tuliskan resolusi, impian, harapan serta target pribadi, organisasi maupun kebernegaraan kita untuk 365  hari ke depan. Dan bangunkan komitmen yang kuat serta kokoh untuk menggapainya. Sangat penting untuk menuliskannya dan kemudian menuliskannya di tembok kamar, menyelipkannya ke dalam buku favorit, ataupun menenggelamkannya di bawah kasur kita -terlebih penting adalah menanamkannya di dalam alam sadar kita.

Memang tidak serta-merta impian kita akan berbuah kenyataan. Banyak tantangan yang sudah bersiap menerjang dan menundukkan nyali kita. Mematikan usaha dan nyala api semangat dalam jiwa kita dalam sekali sapuan. Namun lihat pula apa yang ada di baliknya. Optimisme serta kesempatan selalu lebih siap menyambut kita dengan “tangannya” yang terbuka lebar.

Selalu lah percaya bahwa dalam setiap kesulitan selalu ada kemudahan. Bahwa di dalam setiap kesulitan selalu ada kemudahan! Tiada masalah tanpa tersedia jalan keluarnya. Tak ada penyakit yang tak tersedia penawarnya. Begitulah keseimbangan yang pasti di jagad raya ini. Sunatullah! ya, begitulah umat muslim mempercayainya.

Karenanya betapapun besarnya batu ganjalan yang menghadang langkah kecil kita, optimislah selalu. Yakinlah bahwa usaha selalu akan menunjukkan hasilnya. Man Jadda Wa Jadda! siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil! Insya Allah….